FILARIASIS

Filariasis limfatik adalah infeksi cacing filaria, Wuchereria bancrofti, Brugia malayi atau B. timori. Parasit ini ditularkan ke manusia melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi dan berkembang menjadi cacing dewasa dalam pembuluh limfatik, menyebabkan kerusakan hebat dan pembengkakan (limfedema). Kaki gajah - menyakitkan, menimbulkan pembengkakan pada kaki dan organ genital - merupakan tanda klasik penyakit stadium akhir. 

Infeksi dapat diobati dengan obat-obatan. Namun, kondisi kronis mungkin tidak dapat disembuhkan oleh obat anti-filaria dan memerlukan langkah-langkah lain, misalnya. operasi untuk hidrokel, perawatan kulit dan latihan untuk meningkatkan drainase limfatik di lymphoedema. 

Pengobatan tahunan semua individu yang berisiko (orang yang tinggal di daerah endemis) dengan direkomendasikan kombinasi obat anti-filaria baik diethyl-Carbamazine citrate (DEC) dan albendazol, atau ivermectin dan albendazole; atau penggunaan rutin DEC diperkaya garam dapat mencegah terjadinya infeksi baru dan penyakit.


Editor : Farida
Sumber : www.who

Postingan terkait: