ISTILAH - KAMUS KESEHATAN POPULER


ISTILAH / KAMUS POPULER
YANG BERHUBUNGAN DENGAN
KESEHATAN


Istilah
Keterangan
AAP (American Academic of Pediatrics)
Akademi Pediatrik Amerika
ACE (Angiotensin-Converting Enzyme) Enzim pengubah angiotensin
Agitasi Tingkah laku yang mengindikaskan kurangnya istirahat yang merupakan efek samping dari obat antipsikosis.
AIS (Acute Ischemic Stroke) Stroke Iskemik Akut 
ALL (Acute Lymphocytic Leukemia )  Leukemia Limfositis Akut yaitu leukemia yang sering menyerang anak-anak.Leukemia tipe ini juga menyerang orang lanjut usia, terutama yang berusia lebih dari 65 tahun.
Alopecia (Alopesia) Hilangnya rambut secara bertahap, diyakini sebagai akibat dari gabungan predeposisi genetik dan peningkatan respon folikel rambur terhadap hormon androgen.
ALT (Serum Alanine Aminotrans-ferase) Serum Alanin Aminotrans-ferase atau sering disebut Serum Glutamat Piruvat Transaminase (SGPT)
ANA (Anti-Nuclear Antibody) Antibodi yang tidak umum, terdeteksi di dalam darah yang mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan struktur tertentu dalam inti selnya. ANA menjadi indikasi penyakit lupus erythemathosus, sindrom Sjrogen, artitis rematik, autoimun hepatitis, skleroderma
Analgesik obat untuk menghilangkan nyeri, berhubungan dengan analgesia, bahan yang dapat mengurangi nyeri tanpa menyebabkan hilangnya kesadaran.
Anemia Hemolitik Anemia yang disebabkan oleh hemolisis yaitu terjadinya pemecahan sel darah merah abnormal, baik pada pembuluh darah ( hemolisis intra vaskular) atau bagian lain dari tubuh (hemolisis ekstravaskular). Anemia ini bisa bersifat genetik ataupun dapatan. Pena
Angiodema Reaksi vaskular yang melibatkan dermis bagian dalam atau jaringan subkutan dan submukosa, menyatakan edema lokal yang disebabkan oleh dilatasi dan peningkatan permeabilitas pembuluh kapiler.
Anoreksia Hilangnya selera makan.
Anti Infeksi  Obat untuk mengobati infeksi 
Antialergi dan Obat Untuk Anafilaksis  Obat untuk mengobati alergi dan mencegah reaksi anafilaksis (suatu keadaan dimana seseorang sangat sensitif terhadap suatu zat asing)
Antianemia, Koagulasi  Obat untuk mengobati anemia/ kurang Hb
Antiasma Obat yang dapat menghilangkan asma
Antidot dan Obat Lain Untuk Keracunan  Obat untuk menurunkan atau menghilangkan efek racun 
Antiepilepsi - Antikonvulsi  Obat untuk mencegah atau menurunkan keparahan serangan epilepsi atau konvulsi lain 
Antiinflamasi non steroid Obat untuk menekan inflamasi atau peradangan
Antimigrain  Obat untuk menghilangkan migrain atau sakit kepala parah, biasanya  pada sebelah bagian kepala saja yang diikuti oleh gejala lainnya seperti mual, muntah, konstipasi atau diare, rasa tidak enak pada mata.
Antineoplastik, imunosupresan dan obat untuk terapi paliatik  Obat untuk menghambat atau mencegah perkembangan neoplasma; memeriksa pematangan dan pembelahan sel-sel ganas.
Antiparkinson Obat untuk mengobati parkinson. Parkinson adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh perubahan degeneratif pada otak. Penyakit ini ditandai dengan 
Antipirai Obat untuk mengobati pirai (artritis gout) atau sering disebut asam urat.
Antipiretik Obat untuk menghilangkan atau menurunkan demam,
Antiseptik Obat yang dapat mencegah perkembangan organisme tanpa mematikan organisme
Antitusif Obat yang dapat menekan batuk
AST (Serum Aspartate Aminotrans-ferase) Serum Aspartat Aminotrans-ferase atau sering disebut Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase (SGOT)
Ataksia Kegagalan koordinasi otot; ketidakteraturan kerja otot.
Athralgia Nyeri pada sendi, yang merupakan gejala adanya kerusakan, infeksi atau penyakit seperti artritis atau reaksi alergi terhadap obat.
AUC (Area Under Curve) Area di bawah kurva yang menggambarkan konsentrasi darah dalam plasma terhadap waktu.Area ini selanjutnya menggambarkan jumlah total obat yang diserap oleh tubuh, terlepas dari kecepatan absorpsi.
Azotemia Kondisi medis yang ditandai dengan abnormalitas level senyawa yang mengandung nitrogen seperti urea, kreatinin, senyawa hasil metabolisme tubuh dan senyawa kaya nitrogen pada darah.Hal ini mungkin disebabkan oleh filtrasi darah pada ginjal yang kurang me
Bifasik Sistem yang mempunyai 2 fase
Black cohosh Nama lain untuk Cimcifuga racemosa, yaitu tanaman yang tumbuh di Amerika Utara. Tanaman ini digunakan untuk mengatasi masalah tensi premenstrual, menopouse dan masalah ginekologi lain.
BUN (Blood Urea Nitrogen) Nitrogen Urea Darah yaitu konsentrasi urea pada plasma atau darah yang merupakan indikator penting fungsi ginjal. Pada fungsi ginjal normal, kadar urea nitrogen adalah 3,6 -7,1 mmol/L atau 10-20 mg/dL
CAD (Coronary Artery Disease) Penyakit Koroner Akut
Cairan Asites Akumulasi cairan pada rongga perut (peritonium). Meski penyebab umumnya adalah sirosis atau sakit liver yang lainnya, akumulasi ini mungkin disebabkan oleh keadaan medik lainnya.
CAPD (Continuous ambulatory peritonial dialysis) Dialisis peritonial kontinyu
Carcinoma atau Karsinoma Pertumbuhan sel yang ganas yang terdiri dari sel-sel epitel yang cenderung untuk menginfiltrasi jaringan sekitarnya dan menimbulkan metastatis.
Cat's Claw Nama lain untuk Uncaria tomentosa,yaitu spesies yang tumbuh di hutan hujan Amazon.Tanaman ini mengandung alkaloid dan mempunyai efek medik seperti tanin dan fitokimia lainnya.Beberapa senyawa dari tanaman ini mempunyai efek sebagai anti inflamasi, anti o
CBC (Complete Blood Count) Jumlah sel darah putih dan darah merah per unit volume darah
CD4 Reseptor yang ada di permukaan sel tertentu, misalnya limfosit.
CHF(Congestive Heart Failure) Gagal jantung koroner : suatu keadaan dimana jantung tidak mampu untuk memompa darah dalam jumlah mencukupi untuk metabolisme tubuh.
CI (Cardiac Index) Parameter vasodinamik yang menghubungkan output kardiak dengan luas permukaan tubuh.
COPD ( chronic obstructive pulmonary disease) Penyakit paru-paru obstruktif kronik
COX (Cyclooxy-genase) Enzim Siklooksi-genase. Enzim ini berperan untuk mengubah asam arakidonat menjadi prostaglandin pada proses inflamasi.
CSF (Cerebros-pinal Fluid) Cairan jernih yang ada pada ruang subaraknoid dan sistem ventrikular di sekitar dan di dalam otak.
CVP (Central Venous Pressure) Tekanan darah pada vena kava toraks, dekat dengan atrium kanan jantung. 
Cyanosis Perubahan warna kulit menjadi agak kebiru-biruan, yang disebabkan konsentrasi hemoglobin tereduksi yang berlebihan pada pembuluh darah di permukaan kulit,
Cytochrome (Sitokrom) Merupakan senyawa yang mengandung hem yang terikat pada protein, berperan pada pernapasan sel, dibedakan menurut gugus prostetiknya misalnya a,b,c,d dan P450.Contoh : CYP2A6, CYP 2B6, CYP289, CYP2D6, CYP2E1, CYP3A4
D5W Larutan dekstrosa 5% dalam air
Depersonalisasi Perubahan persepsi diri sendiri sehingga sensasi terhadap suatu kenyataan menjadi hilang atau berubah untuk sementara; merupakan manifestasi neurosis atau penyakit jiwa yang lain atau juga dapat dalam bentuk ringan pada orang yang normal.
Desinfektan  Antiseptik  obat yang dapat mencegah infeksi dan mencegah perkembangan organisme tanpa mematikan organisme
Diaforesis Keringat berlebihan yang tidak wajar, mungkin disebabkan oleh syok atau kondisi medik lain.
Dispepsia Berkurangnya daya atau fungsi pencernaan, biasanya ditunjukkan dengan perasaan tidak nyaman pada epigastrum setelah makan.
Diuretik  obat untuk meningkatkan ekskresi urin atau jumlah urin
DNA (Deoxyri-bonucleic acid) Asam deoksiri-bonukleat yaitu asam nukleat yang mengandung informasi genetik yang berguna untuk perkembangan semua makhluk hidup.
Dong quai Nama lain untuk Angelica sinensis atau ginseng betina yaitu tanaman dari Cina yang digunakan untuk mengobati gangguan ginekologi, anemia ringan dan hipertensi.
DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse ) Strategi yang digunakan dalam pengendalian atau penanggulangan penyakit TB melalui peningkatan diagnosis TB dengan pemeriksaan dahak secara mikroskopis, pengobatan dengan Pengawasan Menelan Obat (PMO), kesinambungan persediaan obat anti TB jangka pendek 
Dyspnea Pernapasan yang sukar atau sesak
ECG (Electro cardiogram) atau EKG (Elektro kardiogram) Grafik yang dihasilkan oleh elektro-kardiograf
yang menggambarkan aktifitas elektrik jantung setiap saat
EEG (Elektro-encephalogram atau Elektro-ensefalogram) Grafik yang dihasilkan oleh elektro-ensefalograf, yang memberikan gambaran neuropsikologi dari aktivitas elektrik otak.
Efusi Pleural Akumulasi cairan pada ruang pleural (membran paru-paru). Akumulasi ini disebabkan oleh volume cairan yang berlebihan (misalnya cairan intravena yang berlebihan, gagal ginjal), penurunan cairan protein (misalnya sirosis, proteinuria), gagal jantung, penda
Ekspektoran Obat yang dapat memudahkan pengeluaran dahak dari saluran pernapasan dengan menurunkan kekentalan dahak
Eosinofilia Keadaan dimana konsentrasi eosinofil (granulosit eosinofil : sel darah putih dalam sistem imun yang bertanggung jawab untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh parasit) sangat tinggi. Eosiniofilia dapat bersifat sangat reaktif (menimbulkan alergi) atau 
Epistaksis Pendarahan hidung, pendarahan pada hidung, biasanya akibat pecahnya pembuluh darah kecil yang terletak dibagian anterior septum nasal kartilaginosa
Erythema Multiforme Kondisi pada kulit dikarakterisasi dengan kulit kemerahan atau iritasi, yang disebabka oleh kongesti pembuluh darah.Lesi yang terbentuk berbentuk cincin.
Esophagitis (Esofagitis) Radang pada esofagus
ESR (Erythrocyte Sedimentation Rate) Kecepatan Pengendapan Eritrosit
Euforia Rasa nyaman pada tubuh; rasa sejahtera, tidak adanya rasa nyeri ataupun tekanan kejiwaan. Pada psikiatri : rasa sejahtera yang abnormal atau berlebihan.
Fatigue Keadaan meningkatnya ketidaknyamanan dan menurunnya efisiensi akibat pekerjaan yang berkepanjangan atau berlebihan; kehilangan tenaga atau kemampuan menjawab rangsangan.
FdUMP Fluorodeoxyuridine monophosphate yaitu salah satu bentuk metabolit fluorourasil.
FUTP Fluorouridine triphosphate yaitu salah satu bentuk metabolit fluorourasil
G6PD (Glucose 6-phosphate dehydrogenase) Enzim pada jalur pentosa fosfat, dimana NAPD+ bersifat sebagai ko enzim, mengkatalisis proses oksidasi glukosa 6-fosfat menjadi lakton. Defisiensi enzim ini menyebabkan anemia hemolitik berat.
GI (Gastro Intestinal) Saluran Pencernaan
Gotu kola Nama lain untuk Centella asiatica, di Indonesia lebih dikenal dengan pegagan atau antanan yamg bersifat sebagai antibakteri, antiviral, antiinflamasi, anti ulserasi, ansiolitik, tonik serebral, stimulan sirkulasi, diuretik, menenangkan pikiran,atau mengo
Hemiparesis Paresis (paralisis ringan)  yang mengenai salah satu tubuh yang disebabkan lesi pada saluran kortikospinal.
Hepatik Berkenaan dengan hati.
Hepatomegali Pembesaran hati
Hiponatremia Gangguan elektrolit pada manusia yang ditandai dengan konsentrasi natrium yang sangat rendah yaitu di bawah 135 mmol/L. Keadaan ini terjadi karena komplikasi dari beberapa penyakit.
Hipopro-trombinemia Gangguan darah yang ditandai dengan defisiensi protrombin (faktor II) yang akan menyebabkan gangguan pembekuan darah, selanjutnya meningkatkan risiko fisiologis pendarahan, khususnya pada sistem pencernaan, rongga  kranial dan sistem panca indera 
Hirsutism Tumbuhnya rambut yang tidak normal; di wajah, dada, perut dan punggung, terjadi pada wanita.
HIV (Human Immnuno deeficiency Virus) Virus yang menyebabkan sinrom defisiensi imun yang didapat atau disebut AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) 
Hodgkin's lymphoma Lymphoma Hodgkin dikarakterisasi secara klinis melalui penyebaran dari satu kelompok limfe node yang satu ke kelompok lain yang disertai dengan berkembangnya gejala sistemik sejalan dengan perkembangan penyakit.
Hormon, Obat endokrin lain  senyawa yang dihasilkan tubuh yang memiliki efek regulator spesifik pada aktivitas sel tertentu atau organ-organ tertentu.
Hyper CVAD Regimen kemoterapi untuk melawan limfoma non hodgkin dan limfoma limfoblastik
IA Intra arterial
IG Intra gluteal
IM Intra muskular
Interval PR Interval PR dihitung mulai dari awal P sampai awal kompleks QRS
Interval QT. Interval QT dihitung mulai dari awal  QRS sampai akhir gelombang T pada elektro-kardiogram.
Interval QT normal adalah 0.4 menit
IV Intra Vena
Jaundice Disebut juga ikterus,warna kekuningan pada kulit, sklera, membran mukosa yang disebabkan hiperilirubinemia dan pengendapan pigmen empedu.
Katagori pengaruh terhadap kehamilan (Kategori A) Studi terkontrol pada wanita hamil tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin pada kehamilan trimester 1 (dan juga tidak ada risiko pada trimester selanjutnya), dan sangat kecil kemungkinan untuk membahayakan janin.
Katagori pengaruh terhadap kehamilan (Kategori B) Studi terkontrol terhadap sistem reproduksi binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil atau sistem reproduksi binatang percobaan yang menunjukkan adanya efek samping (penuruna
Katagori pengaruh terhadap kehamilan (Kategori C) Studi terhadap binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogonik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita hamil. Obat hanya diberikan jika manfaat yang diperoleh lebih baik d
Katagori pengaruh terhadap kehamilan (Kategori D) Terdapat bukti positif mengenai adanya risiko terhadap janin manusia, tetapi manfaat obat ini pada ibu hamil mungkin lebih besar dari risikonya (misalnya obat ini diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau penyakit serius, dimana obat ya
Katagori pengaruh terhadap kehamilan (Kategori X) Studi terhadap binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya abnormalitas janin atau terdapat bukti adanya risiko pada janin, dan risiko penggunaan obat ini jelas melebihi manfaat yang diperoleh. Obat dalam kategori ini dikontra-indikasikan 
Kava - kava Nama lain untuk Piper methysticum, yang dapat menghilangkan rasa/sensasi di sekitar lidah dan bibir (karena kontrakai pembuluh darah di sekitar lidah dan bibir), memberikan efek menenangkan, menjernihkan pikiran dan melemaskan otot.
Kolestasis Penghentian atau supresi dari aliran empedu dengan penyebab hepatik atau ekstrahepatik.
Kolitis Pseudomembran Infeksi pada kolon yang biasanya (meski tidak selalu) disebabkan oleh Clostridium difficile.
Lethargy Tingkat kesadaran yang menurun disertai pusing, pendengaran berkurang dan apati; keadaan tidak acuh.
LFTs (Liver Function Tests) Tes fungsi liver
LTBI (Latent TB infection) Infeksi Tuberkulosis Laten)
MAC (Mycobacterium Avium Complex) Kelompok bakteri yang secara genetik berhubungan dengan genus mycobacterium.Salah satu infeksi oportunistik pada pasien HIV disebabkan oleh MAC.
Mania Fase kelainan bipolar yang ditandai oleh euforia, agitasi, hipereksitabilitas, hiperaktivitas serta peningkatan kecepatan berpikir dan ide.
MAO (Monoamin Oksidase) Ensim yang mengkatalisis oksidasi monoamin.MAO ditemukan berikatan pada membran luar mitokondria pada banyak sel di dalam tubuh.
MAP (Mean Arterial Pressure) Rata-rata tekanan darah seseorang
Meningo-myelocele Anomali perkembangan yang ditandai oleh kelainan penutupan selubung tulang pada medula spinalis, dimana selaput meninges dapat menonjol keluar.
Metode ABTS Uji kadar glukosa darah secara in vitro dengan menggunakan metode glukosa oksidase dan peroksidase menggunakan diammonium azinobiasethyl-dihydro-benzo-thiazole sulfonic acid (ABTS)
Metode DMSO Uji kadar serum bilirubin dengan menggunakan dimethyl-sulfoxide sebagai reagen.
MI (Myocardial Infarction) Infark Miokardiak
Myalgia Nyeri otot yang merupakan gejala dari banyak penyakit dan gangguan pada tubuh. Penyebab umum myalgia adalah penggunaan otot yang salah atau otot yang terlalu tegang.Myalgia yang terjadi tanpa riwayat trauma mungkin disebabkan oleh infeksi virus. Myalgia 
Myelosup-pressive  Senyawa yang menghambat aktivitas sum-sum tulang, menimbulkan penurunan sel darah merah dan trombosit
Nadir Titik terendah
Nefritis Intertisial Penyakit primer atau sekunder pada jaringan interstial ginjal.
Neural tube defects Gangguan tubulus saraf
Neuropathy  Gangguan fungsional atau perubahan patologis pada sistem saraf tepi.
Neurotorsisitas Gangguan yang disebabkan oleh paparan senyawa alami maupun buatan yang bersifat toksik pada sistem saraf.
Neutropenia Gangguan pada sistem hematologi yang ditandai dengan jumlah granulosit neutrofil yang sangat rendah
Non Hodgkin's lymphoma Lymphoma Non Hodgkin merupakan kelompok kanker yang timbul mulai dari limfosit, salah satu tipe sel darah putih.Tipe ini dibedakan dari Lymphoma Hodgkin dari sifat patologi, epidemiologi, organ yang terlibat, pengaruhnya terhadap tingkah laku dan perawat
NS (Normal Saline) Larutan NaCl fisiologis 0,9%
OHO (Obat Hipoglikemik Oral) Obat untuk menurunkan kadar gula darah yang diberikan secara oral.
Oksitoksik  Obat yang dapat menyebabkan oksitosia (kelahiran yang cepat)
Onset Mulai kerja
Osteorekrosis  Disebut juga avaskular nekrosis atau nekrosis tulang yaitu penyakit yang disebabkan hilangnya suplai darah ke tulang yang bersifat sementara maupun permanen
Osteo-sarcoma atau Osteo-sarkoma Neoplasma tulang primer yang ganas dan terdiri atas stroma jaringan penyambung ganas dengan adanya osteoid ganas, pembentukan tulnag atau kartilago.
OTC drug (Over The Counter drug) Obat yang dapat dibeli secara bebas tanpa resep dokter
Pansitipenia Depresi semua sel darah secara abnormal
Paralisis  Kehilangan atau gangguan fungsi motorik pada suatu bagian akibat lesi pada mekanisme saraf atau otot.
Paranoia Proses gangguan pikiran yang ditandai dengan rasa takut atau khawatir yang berlebihan.
Parathesia Perasaan sakit atau tidak nyaman, abnormal seperti kesemutan, rasa terbakar atau berkeringat.
PBL (Peripheral Blood Lymphocites) Limfosit perifer darah yaitu jumlah limfosit matang yang bersirkulasi dalam darah
Pemerian Deskripsi
Penyakit Kawasaki (sindrom mukokutan limfa node) Penyakit yang menyerang anak-anak, pertama kali terjadi di Jepang tetapi sekarang sudah tersebar di seluruh dunia. Bagian tubuh yang dipengaruhi adalah limfa node, kulit, arteri koroner jantung. Penyakit ini diawali dengan demam, rasa capek dan terkadang
PFTs (Pulmonary Function Tests) Tes fungsi paru-paru
Porfiria Kelompok gangguan metabolisme porfirin yang ditandai dengan peningkatan pembentukan dan ekskresi senyawa porfirin atau prekursor. Gejala yang timbul adalah sakit perut, yang mungkin parah dan gangguan gastrointestinal seperti mual, muntah, diare atau kon
Posisi Trendelenburg Posisi berbaring pada tempat yang datar, dimana posisi kepala lebih rendah daripada pelvis.Posisi ini adalah posisi standar untuk pembedahan abdominal atau ginekologi.
Post marketing /case report Laporan setelah pemasaran
Potensial Emetik Senyawa yang berpotensi untuk menimbulkan muntah
Pruritus Gatal pada kulit yang menyebabkan timbul keinginan untuk menggaruknya. Rasa gatal ini bisa disebabkan oleh kulit yang kering sampai kemungkinan adanya kanker.
Psikofarmaka  Obat yang bekerja pada fungsi psikologis dan status kejiwaan.
PVR (Pulmonary Vascular Resistance) Resistensi Vaskular Sistemik yaitu resistensi pada pembuluh darah paru-paru yang cukup kuat untuk mengalirkan darah melalui sistem sirkulasi.
QRS complex Struktur yang berhubungan dengan depolarisasi jantung pada elektro-kardiogram
QTc Interval QT pada elektro-kardiogram yang sudah dikoreksi kecepatannya.
RA (Rheumatoid Arthritis) Artitis Rematik
Rash (Ruam) Perubahan pada kulit, meliputi perubahan warna dan teksture.
Recovery Pemulihan 
Redistribution fat Kondisi medis yang ditandai dengan kehilangan lemak (atau terkadang penambahan lemak), umumnya di dagu atau wajah.
Relaksan Otot Perifer  Obat yang dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot rangka 
Retikulositosis Kondisi dimana terjadi peningkatan retikulosit.Kondisi ini umu terlihat pada anemia.  Retikulosit adalah sel darah merah yang belum matang yang biasanya timbul saat terjadi regenerasi sel darah merah yang rusak.
Rigidity Nuchal Kekakuan pada tengkuk atau tulang belakang
RNA (Ribonucleic Acid) Asam ribonukleat yaitu polimer asam nukleat yang mengandung monomer nukleotida yang berperan dalam translasi informasi genetik dari DNA menjadi protein.
Scleroderma Pengerasan dan penebalan kulit yang mungkin ditemukan pada beberapa penyakit yang berbeda, dapat terjadi dalam bentuk terlokalisasi atau umum.
Seizure Serangan mendadak atau kekambuhan penyakit,episode tunggal epilepsi, sering diberi nama menurut gambaran tipenya.
Serum Sickness Reaksi  terhadap anti serum turunan dari sumber hewan. Merupakan reaksi hipersensitifitas tipe 3 (hipersensitif imun kompleks). Reaksi ini terjadi setelah sepuluh hari pemaparan terhadap anti serum dengan reaksi mirip reaksi hipersensitifitas,
SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) Serum Glutamat Oksaloasetat Transaminase atau sering disebut AST : Serum Aspartate Aminotransferase)
SGPT (Serum Glutamat Pyruvic Transaminase) Serum Glutamat Piruvat Transaminase atau sering disebut ALT :Serum  Alanin Aminotransaminase)
SIADH (Syndrome of Inappropriate Antidiuretic Hormone) Kondisi  yang umum terjadi pada pasien yang dirawat di rumah sakit karena luka pada sistem saraf pusat. Sindrom ini ditandai dengan ekskresi hormon antidiuretik atau vasopressin yang sangat sedikit dari kelenjar posterior pituitari atau sumber lainnya.Ke
SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) Kematian tiba-tiba pada bayi, umumnya terjadi pada larut malam tanpa penyebab pastinya, namun diduga penyebabnya adalah infeksi virus dan reaksi alergi.
Sindrom Stevens Johnson Sindrom yang bersifat parah dan mengancam kehidupan. Merupakan reaksi hipersensitifitas kompleks yang menyebabkan lesi pada kulit dan ulserasi pada mata dan membran mukosa.Sindrom ini disebabkan oleh infeksi (infeksi karena virus seperti herpes simpleks,
Sistem Imun  sistem pertahanan/
kekebalan tubuh
SK Subkutan 
SLE (Systemic Lupus  Erythe-matosus) Penyakit inflamasi dari jaringan, merupakan gangguan autoimun ; tubuh tidak dapat membedakan sel tubuhnya dan sel asing.
Somnolentia atau Somnolence Perasaan mengantuk yang tidak normal
SSP Susunan Saraf Pusat
ST wave Gelombang yang menghubungkan kompleks gelombang QRS dan T pada elektro-kardiogram
St. John's Wort Nama lain untuk Hypericum perforatum, ekstrak hypericum standar digunakan untuk pengobatan depresi dan gangguan ansietas.
Stenosis Penyempitan abnormal pada pembuluh darah atau organ tubular atau struktur
Stupor Tingkat kesadaran yang menurun, dalam psikiatri, gangguan yang ditandai dengan penurunan responsivitas.
Superfisial Permukaan
SVR (Systemic Vascular Resistance) Resistensi Vaskular Sistemik yaitu resistensi pada sirkulasi perifer yang cukup kuat untuk mengalirkan darah melalui sistem sirkulasi.
SWFI (Sterile Water For Injection) Air steril untuk injeksi
T cell (Sel T) Salah satu jenis limfosit yang bertanggung jawab terhadap imunitas yang diperantarai selular dan hipersensitivitas tipe lambat.
Tes Coombs Tes Antiglobulin yaitu uji klinik darah yang digunakan dalam imunohematologi dan imunologi.Tes Coombs dibagi menjadi dua : tes Coombs langsung dan tes Coombs tidak langsung. Tes Coombs langsung digunakan untuk mendeteksi sel darah merah yang disensitisas
Thrombo-sitopenia Menurunnya jumlah trombosit dalam darah.
TIA (Transient Ischemic Attacks) Serangan iskemik pendek
Torsade de pointes  Takikardia ventrikular yang ditunjukkan oleh perubahan karakteristik elektro-kardiogram yaitu terbentuknya komplek QRS yang berbelok-belok di sekitar garis dasar isoelektrik elektro-kardiogram.
Tremor Gerakan tangan yang tidak disadari, bolak balik dan ritmik, mungkin juga mengenai suara dan bagian lain.
Trombo-flebitis Inflamasi vena yang berhubungan dengan pembekuan darah atau trombus
ULN (upper limits of normal) Melebihi batas normal
UTI (Urinary Tract Infection) Infeksi Saluran Urin
VMA (Vanillyl Mandelic Acid) Merupakan metabolit dari katekolamin : norepinefrin
WBC (White Blood cell Count) Jumlah sel darah putih per unit volume darah.

Postingan terkait: